Logo
images

Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim saat kunjungan studi banding di Kantor Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Wih, Tata Kelola Dana BOS Dindik Tangerang Diadopsi

Fokus Tangerang—Pelaksanaan tata kelola dana bantuan operasional sekolah (BOS) Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang mendapat apresiasi.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Muara, Sumatera Utara Edi John saat studi banding di Kantor Dindik Kota Tangerang, Rabu (4/12/2019).

Bahkan, Edi mengatakan, pihaknya akan mengadopsi tata kelola bantuan keuangan dari pusat yang telah diterapkan Dindik Kota Tangerang tersebut.

“Kami akan merekomendasikan kepada dinas pendidikan kami untuk segera menerapkan apa yang diterapkan oleh Pemkot Tangerang,” ungkapnya.

Edi juga berharap, adopsi ini dapat memberi acuan bagi Dindik Kabupaten Muara Enim agar ke depan dapat lebih optimal dan lebih tepat sasaran dalam menyalurkan dan mengawasi bantuan dana pendidikan tersebut.

Sebab menurut dia, selain dinilai akurat dan tepat sasaran, tata kelola keuangan Dindik Kota Tangerang diklaim mampu menekan angka putus sekolah di kota penyangga ibu kota ini.

"Bukan hanya didukung oleh SDM yang mumpuni, kami melihat Dindik Kota Tangerang juga melakukan pengawasan yang super ketat dalam penyaluran bantuan dari pusat tersebut,” jelasnya.

Sekretaris Dindik Kota Tangerang Jamaluddin mengaku transparansi penggunaan dana BOS merupakan kewajiban untuk dilaksanakan dan diterapkan oleh setiap sekolah yang ada di Kota Tangerang.

Terlebih pada akhir tahun ini, kata Jamaluddin, pihaknya tengah mempersiapkan diterapkannya laporan berbasis digital.

Dengan demikian diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat turut mengawal dan mengawasi penggunaan dana tersebut.

"Dengan sistem online ini, diharapkan lebih mempercepat, dan efisiensi pengolahan data penggunaan dana ini. Karena dengan memanfaatkan laporan berbasis digital ini, semua orang termasuk orang tua dapat ikut memantau penggunaan dana BOS," pungkasnya.(red)



Tinggalkan Komentar