Logo
images

Naik Rp300 Miliar, Dewan Harap Pemkot Maksimalkan Penyerapan APBD P

TANGERANG – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) Kota Tangerang 2018 naik Rp301,82 miliar menjadi Rp4,71 Triliun dari sebelumnya Rp4,41 triliun.

Anggota Badan Anggaran (Banang) DPRD Kota Tangerang, Edy Ham berharap Pemkot Tangerang mampu memaksimalkan penyerapan dana APBD P TA 2018, agar tidak lagi terjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) seperti tahun sebelumnya.

“Sebelumnya SILPA kita mencapai Rp892 miliar. Saya harap ini tidak terus menjadi kebiasaan yang terus saja terulang setiap tahunnya,” ujarnya.

Menurut pria yang merupakan politisi asal Partai Demokrat itu, sudah seharusnya Pemkot mampu menyerap anggaran secara maksimal.

“Ya kalaupun harus ada silpa, jangan sampai nilainya besar. Minimal APBD P 2018 bisa terserap 90 persen,” tegasnya. Selain itu katanya, tingkat penyerapan anggaran juga jadi bukti bahwa Pemkot punya sistem perencanaan anggaran yang baik dan matang. “Seyogyanya Silpa itu harus kecil, baru itu pemerintahan yang baik,” tandasnya.

Untuk diketahui pada APBD 2018, tercatat ada sejumlah dinas yang memiliki alokasi anggaran yang besar, yaitu Dinas Pendidikan sebesar Rp. 886,71 miliar atau 20,29 persen dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebesar Rp.700,18 miliar atau 16,02 persen.

“Kalau bisa serapan anggaran itu bisa mencapai 90 persen, karena jika hanya 50 persen maka bisa dibilang Pemkot Tangerang kurang matang dalam hal perencanaan,” pungkasnya. (feb)


TAG

Tinggalkan Komentar