Logo
images

Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan di Bandara Soetta, Rabu (11/12/2019) malam hari. FOKUS TANGERANG

Jelang Nataru, Menhub Lakukan Ramp Check di Bandara Soetta

FOKUS TANGERANG - Tidak ingin kecolongan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan ramp check pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Hal ini dilakukan dalam agar penerbangan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 dapat berjalan lancar. Dari 500 pesawat yang ada, sebanyak 50 pesawat dilakukan ramp check mulai dari pengecekan roda, pengatur kecepatan, keseimbangan pesawat, ketersediaan oksigen didalam pesawat.

Kata Menhub dari laporan yang diterimanya ramp check telah dilakukan pada 50 pesawat. Tidak hanya itu, dia juga meminta ke seluruh operator untuk melakukan hal serupa dengan mandiri.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi pesawat dalam keadaan baik, saat melakukan penerbangan.

"Random (ramp check) dilakukan di 32 titik dan kami harapkan ini lancar. Saya ke atas apakah oksigen bisa disini dan saya coba lima menit, masih isi dan saya coba tadi sampai setengah jam," jelasnya saat ditemui di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. _Ramp check_ itu sendiri,

Lanjut pria yang kerap disapa BKS ini, ramp chek tersebut ditargetkan rampung hingga tanggal 20 Desember nanti.

"Target sampai tanggal tersebut diharapkan dapat mencapai 200 pesawat," ujarnya.

Meskipun pada pengecekan itu dilakukan secara acak, pihaknya juga meminta Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melakukan _self ramp check_.

"Memang harus yang dilakukan sesuai dengan Standart Operational Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh Otoritas Bandara dan seyogyanya dilakukan dengan baik," tutur dia.

Dia menambahkan selain pengecekan pada pesawat, ia juga meminta pengelola bandara untuk turut melakukan pemeriksaan di angkutan darat.

"Keamanan transportasi harus dilakuka dengan baik, seperti pengecekan bus. Kita jangan sampai lalai, bisa fatal, dan oleh karena itu kami ingatkan unfuk terus meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan keamanan," katanya.(IRW/BAL)



Tinggalkan Komentar