Logo
images

ilustrasi homoseksual.

Homoseksual Penyebar HIV Mewabah di Kota Akhlakul Karimah

FOKUS TANGERANG-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tangerang Indri Bevy mengungkapkan kasus penyebaran HIV/AIDS didominasi faktor berisiko lelaki seks dengan lelaki (LSL) atau homoseksual.

“LSL presentasenya hampir lebih dari 50 persen dari total ODHA,” ujarnya, Rabu (11/12/2019). 

Menurutnya, jumlah Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) di kota bermotto Akhlakul Karimah dalam periode Januari-Oktober 2019 tersebut mencapai 118 kasus. Dari angka tersebut, jumlah LSL paling tinggi, mencapai 60 kasus.

Selain LSL, kata Bevy, faktor penyebaran HIV juga terjadi akibat pasangan suami-istri berisiko tinggi 18 kasus, pelanggan pramuria 16 kasus, ibu rumah tangga 11 kasus, jarum suntik 2 kasus, dan lain-lain 26 kasus.

“Risiko HIV yang paling tinggi adalah LSL,” ungkapnya.

Pemerintah sulit mencegah praktik LSL yang membuat prihatin ini. Namun, Bevy menyampaikan bahwa pelaku-pelaku LSL sadar bila perilaku yang dipraktikkannya merusak kehidupan sosial.

“Kalau kita bilang harus pakai kondom sebagai pencegahan, bukan berarti kita merestui. Tapi untuk mencegah laki-laki untuk kondom agar tidak menular,” jelasnya.

Bevy menambahkan, instansi terkait yang tergabung dalam Komisi Penanggulangan AIDS Daerah harus gencar mengatasi persoalan ini.

“Ini tugas semua lintas sektoral bersama,” katanya.(AIR/BAL)



Tinggalkan Komentar