Logo
images

Petugas mengevakuasi sarang tawon.

BPBD Evakuasi Sarang Tawon yang Membahayakan Warga Tangerang

FOKUS TANGERANG—Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mengevakuasi dua sarang tawon jenis Vespa Affinis atau tawon Ndas.

Evakuasi dilakukan untuk mencegah serangan tawon Ndas terhadap warga. Sebab, sengatannya sangat membahayakan karena mampu membunuh manusia.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Kosrudin.

Ia menjelaskan, sarang tawon Ndas yang dievakuasi berada di rumah warga, di RT 5/1 Kampung Caringin, Desa Cibugel Kecamatan Cisoka.

Di rumah warga bernama Cilem itu, tawon Ndas telah menyerang satu warga setempat. Korban pun saat ini sudah mendapatkan perawatan setelah disengat.

"Menerima laporan itu, kami langsung menerjunkan tim dari Pos Cisoka untuk mengevakuasi sarang tawonnya. Tadi pukul 16.00 WIB sudah dilakukan evakuasi oleh petugas," jelasnya, Senin (9/11/2019).

Dalam proses evakuasi, petugas dilengkapi pelindung tubuh agar terhindar dari sengatan tawon yang memiliki warna dominan hitam belang kuning pada bagian perutnya ini.

"Saat eksekusi lancar. Tidak ada korban, baik dari anggota maupun dar warga. Tawon Ndas itu sarangnya ada di atas atap rumah warga Cilem," ujarnya.

Selain di kediaman Cilem, Kosrudin menambahkan, pihaknya juga mengevakuasi sarang tawon Ndas di Desa Pontang Kecamatan Kronjo. Tawon-tawon yang berada dalam rumah warga ini beruntung tidak menyerang.

"Kami evakuasi tawon-tawon ini karena sengatannya sangat membayakan. Bisa membunuh," pungkasnya.(IRW/AIR)



Tinggalkan Komentar