Logo
images

Ayah M Najib Misbahuddin, Dede Uron.

Bayi yang Mengkonsumsi Obat Kedaluwarsa Dilarikan ke Rumah Sakit

FokusTangerang.com-M Najib Misbahuddin, balita berusia tujuh bulan harus dilarikan ke RS Harapan Mulya karena keluarganya tersebut khawatir sudah mengkonsumsi obat kedaluwarsa, Senin (13/1/2020). 

Najib mengkonsumsi obat kedaluwarsa saat mendatangi Posyandu Kecamatan Tigaraksa pada Selasa (7/1/2020), untuk mendapatkan imunisasi. Diduga karena ketidaktahuan petugas, obat yang sudah kadaluarsa sejak 19 November lalu diberikan ke balita itu.

Keluarga yang berdomisili di Kelurahan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, juga baru sadar setelah sampai di rumah dan memberikan obat tersebut ke Najib.

Menurut ibunda sang bayi, Hesti, setelah obat tersebut diberikan, anaknya mengalami demam yang tak kunjung turun. Hesti pun mencoba mengecek obat yang diberikan itu, dengan hasil ia menemukan obat tersebut sudah kedaluwarsa.

 "Habis itu saya ngomong ke saudara, dan diarahkan untuk membawa Najib ke klinik. Memang obatnya itu sudah kedaluwarsa," jelasnya.

Sementara itu, ayah Najib, Dede Uron mengungkapkan, pemeriksaan anaknya ke rumah sakit merupakan anjuran dari salah satu petugas klinik, dengan harapan dapat mengetahui sisa-sisa kadar obat yang sudah dikonsumsi anaknya selama enam hari terakhir.

"Tadi saya ke klinik diantar oleh bidan dari Puskesmas Tigaraksa, dari hasil pemeriksaan saat ini Najib tidak menunjukan dampak lanjutan, habis meminum obat kedaluwarsa itu. Saya masih khawatir saja, sih," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti mengaku bila pasien yang mendapat obat kedaluwarsa itu sudah dalam kondisi baik.

"Untuk penjelasan terkait pemberian obat ini, pasien pun juga hari ini sudah diperiksakan kondisi kesehatannya ke dokter spesialis anak dan alhamdulillah kondisi pasien baik. Kami dari dinas kesehatan sedang menelusuri kejadian ini, tentang pengelolaan obat di PKM Tigaraksa," ucap Desiriana.(IRW/AIR)



Tinggalkan Komentar